Isoter Apung Kapal Pelni Bantu Atasi Keterbatasan Ruang Isolasi

Editor: Ivan Aditya

JAKARTA, KRJOGJA.com -Tempat isolasi mandiri terpadu (isoter) terapung bagi masyarakat terkonfirmasi Covid-19 tanpa gejala di kapal Pelni sangat membantu Pemerintah Daerah yang mengalami keterbatasan rumah sakit atau ruang isolasi.

Langkah ini memberikan dampak positif karena bisa membantu banyak pihak. Termasuk Pelni yang armada kapalnya juga banyak yang portstay karena pembatasan jumlah penumpang.

Dirjen Perhubungan Laut Agus H Purnomo saat membuka diskusi virtual kerjasama Ditjen Perhubungan Laut dan Forum Wartawan Perhubungan di Jakarta, Kamis (19/08//2021) mengatakan, hehadiran isoter sangat membantu sekali.

“Ini menjadi momen bagus, membantu banyak pihak di saat kapal Pelni juga banyak yang portstay di tengah pandemi di mana angkutan penumpang dibatasi,” ujar Agus H Purnomo.

Agus mengatakan, dukungan Presiden dan Menteri Perhubungan juga sangat besar atas adanya isoter apung tersebut. Dirinya juga memberikan apresiasi pada Pemkot Makassar yang menginisiasi dan menggagas adanya program isoter dengan kapal Pelni.

“Untuk itu saya minta Pemda harus proaktif, kita dukung penuh supaya manfaatnya bisa dirasakan. Kami dukung supaya program isolasi terapung berjalan baik,” katanya.

Pemerintah Kota Makasar sudah memanfaatkan KMP Umsini sebagai tempat Isoter. Walikota Makassar Danny Pomanto mengakui, kehadiran Isoter memberikan dampak positif dan menggiatkan Pemda untuk mencari OTG atau orang dengan gejala ringan.

“Kalau sebelumnya bingung, kalau ada yang OTG mau di rawat dimana karena RS penuh semua. Kalau sekarang para Lurah saya suruh cari orang yang terkena Covid, kita jemput dan bawa ke kapal,” ujar Danny.

Kehadiran isolasi apung dengan kapal Pelni di Makassar telah menarik minat Pemerintah Daerah lainnya yang kemudian di respon oleh Kemenhub dan Pelni dengan mengerahkan armadanya

Dalam program isoter, Pelni sendiri menyiapkan 3 kapalnya yaitu KMP Umsini, KMP Tidar dan KMP Bukit Raya. Ketiga armada tersebut akan menjadi tempat isoter apung di Kota Medan, Bitung, Kabupaten Minahasa Utara, Sorong, dan Kota Jayapura. (Imd)

BERITA REKOMENDASI