Istana Bantah Beli Pesawat Baru untuk Jokowi

Editor: Ivan Aditya

JAKARTA, KRJOGJA.com – Sekretaris Kabinet Pramono Anung menyatakan pemerintah tidak membeli pesawat kepresidenan baru tipe Boeing 777-300 ER, melainkan hanya menyewa dari Garuda Indonesia. Isu pembelian pesawat kepresidenan baru ramai beredar di media sosial.

Kabar itu pun sempat dibantah Menteri Sekretaris Negara Pratikno. Namun, menurut Pramono, istana hanya menyewa pesawat tipe Boeing 777-300 ER untuk digunakan Presiden Jokowi menghadiri ASEAN-US Summit 2020 di Las Vegas, Amerika Serikat, Maret mendatang.

“Jadi itu bukan pesawat kepresidenan tetapi memang pak presiden akan menghadiri ASEAN-US Summit 2020 di Amerika sekaligus kunjungan kenegaraan,” ujar Pramono.

Pramono mengatakan pihak istana harus menyewa pesawat lantaran pesawat kepresidenan Boeing Business Jet (BBJ) tipe 737-800 tak efisien jika digunakan untuk penerbangan jarak jauh.

Selain boros bahan bakar, pesawat kepresidenan BBJ juga mesti transit tiga kali menuju AS. Sementara dengan pesawat yang disewa hanya butuh transit satu kali.

“Itu harus tiga kali transit, setiap transit harus mengisi bahan bakar dan dihitung biayanya akhirnya menjadi lebih mahal. Dibandingkan pesawat yang selama ini digunakan (BBJ) lebih mahal, capek kemudian, yang diangkut juga terbatas,” katanya.

Oleh karena itu, pihak istana memutuskan untuk menyewa pesawat dari Garuda. Pramono mengklaim penyewaan pesawat itu dilakukan dengan persetujuan dari Jokowi. (*)

BERITA REKOMENDASI