Ivermectin Tak Boleh Tanpa Resep Dokter

Editor: Ivan Aditya

JAKARTA, KRJOGJA.com – Ikatan Apoteker Indonesia (IAI) menyatakan pembelian dan penggunaan Ivermectin harus terlebih dahulu mendapat resep dokter sebab obat ini masuk kategori obat keras.

“Sesuai dengan karakteristik dari obat tersebut sebagai obat keras, maka penggunaan serta pembelian obat tersebut harus dengan pantauan dan harus dengan resep dokter,” ujar Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Farmasi IAI, Keri Lestari.

Keri mengatakan Ivermectin sangat tidak direkomendasikan sebagai obat pencegahan Covid-19. Ia berujar penggunaan Ivermectin masih sebatas uji klinis guna memperoleh bukti keamanan dan khasiat sebelum nantinya bisa digunakan sebagai obat Covid-19.

“Sangat tidak direkomendasikan penggunaan untuk pencegahan Covid-19 karena pada profil tersebut sebagai obat cacing atau obat parasit yang sesuai izin edar yang dikeluarkan oleh BPOM dinyatakan bahwa obat tersebut dalam indikasinya digunakan hanya 1 tahun sekali,” tutur dia.

Sementara itu, Dewan Pakar IAI, Siswandono, berpendapat, seharusnya Ivermectin dihindari sebagai obat Covid-19. Dia membawa contoh kasus penggunaan Ivermectin di India yang memberikan risiko efek samping hingga akhirnya India mencabut izin obat tersebut.

“Saya imbau perlu penelitian lebih lanjut, tapi rasanya kalau melihat kasus di India, kok, ya, mestinya enggak usah pakai Ivermectin sebagai obat Covid-19,” kata Siswandono. (*)

BERITA REKOMENDASI