Jabat KSAD, Ini Harapan DPR kepada Andika Perkasa

JAKARTA, KRJOGJA.com – Anggota Komisi I DPR RI Arwani Thomafi menilai tak ada keganjilan dari dilantiknya Letjen Andika Perkasa sebagai Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD). Andika yang kini berpangkat jenderal itu dianggap sebagai pilihan tepat untuk memimpin matra angkatan darat.

"Tidak ada yang aneh dalam pelantikan ini. Penunjukan Andika sebagai KSAD TNI merupakan hal yang lazim, tour of duty biasa dalam sebuah organisasi, termasuk di TNI AD," ujar Arwani, Kamis (22/11/2018).

Arwani mengatakan, rekam jejak dan capaian yang selama ini ditorehkan Andika menjadi modal penting dalam memimpin KSAD. Di antaranya pernah menjadi Kepala Dinas Penerangan TNI-AD (2013), Komandan Pasukan Pengaman Presiden (Danpaspamres) (2014), Pangdam XII Tanjungpura (2016), serta Pangkostrad (2018).

Wakil Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) itu mengatakan Andika diharapkan bisa menyelesaikan sejumlah pekerjaan rumah di TNI, khususnya di Angkatan Darat. Salah satu tugas yang harus diberesi adalah modernisasi alat utama sistem pertahanan (alutsista).

Tak hanya itu saja, menurut Arwani netralitas TNI AD juga harus dijaga oleh seluruh personelnya pada kontestasi Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 mendatang.

"Netralitas TNI di tahun politik menjadi hal utama untuk melanjutkan reformasi di institusi TNI," pungkas Arwani. (*)

BERITA REKOMENDASI