Jadi Komandan Penananan Bencana Sulteng, Begini Rencana JK

JAKARTA, KRJOGJA.com – Presiden Joko Widodo mendapuk Wakil Presiden Jusuf Kalla sebagai komandan penanganan dampak gempa dan tsunami di Sulawesi Tengah (Sulteng). Kalla berujar dirinya fokus kepada proses rehabilitasi dan rekonstruksi daerah tersebut.

"Saya tentu bertanggung jawab untuk cepatnya selesai efek akibat bencana itu, ya rehabilitasi. Sampai rehabilitasi dan rekonstruksi. Jadi tanggap darurat, lalu rehabilitasi rekonstruksi kita tugaskan ke PU dan macam-macam," kata JK di Kantor Wapres, Jakarta, Selasa (2/10/2018).

Dia menuturkan, bencana di Sulteng dan Lombok jelas berbeda tingkat keparahannya. Karena perbedaan itulah maka diperlukan satu komando untuk mempercepat proses rehabilitasinya.

Semua bencana tentu parah. Jadi mungkin berbeda dengan Lombok," ucapnya.

Lebih lanjut, ia mengaku akan meninjau langsung wilayah terdampak gempa dan tsunami di Sulawesi Tengah. Itu dia lakukan setelah Jokowi pulang.

Sementara itu, Kalla menjelaskan gempa dan tsunami yang melanda Sulteng belum bisa ditetapkan sebagai bencana nasional. Pasalnya, pemerintahan daerah di sana masih mampu serta mendapat backup dari pemerintah pusat.

"Berkali-kali saya katakan bencana nasional itu kalau Pemda lumpuh, tidak bisa berjalan. Kalau dari sisi materinya, katakanlah bantuannya itu sama saja, sesuai dengan besar kecilnya bencana itu. Tidak berubah," pungkas dia. (*)

BERITA REKOMENDASI