Jadwal Asesmen Nasional Bagi SMA/SMK Mundur

JAKARTA, KRJOGJA.com – Mendikbud Nadiem Anwar Makarim dalam rapat kerja bersama Komisi X, di Jakarta Rabu (20/1/2021)menegaskan pelaksanaan tes asesmen nasional (AN) pengganti Ujian Nasional (UN) untuk siswa klas 11,8 dan 5 mundur menjadi September-Oktober 2021.

Nadiem yang hadir secara virtual mengatakan pengunduran dari jadwal yang direncanakan sebelumnya yakni Maret-Agustus 2021 karena kondisi kasus Corona relatif meningkat. “Karena ada situasi pandemi yang relatif meningkat, kemendikbud memutuskan untuk menunda pelaksanaan asesmen nasional, dan target jadwal baru yaitu September dan Oktober 2021,” demikian Mendikbud .

Nadiem menjelaskan penundaan ini sekaligus untuk mempersiapkan pelaksanaan asesmen nasional sehingga berjalan optimal. Dengan menyesuaikan aturan protokol kesehatan. Berbagaibpersiapan kita baik prokes logistik dan infrastruktur lebih optimal lagi untuk memastikan bahwa prokes itu terjaga,” ujar Mendikbud .

Asesmen ini jelas Nadiem, akan dilakukan oleh pusat pembelajaran yang di dalamnya berisi pakar dan akademisi baik dari nasional dan internasional. Secara logistik, Nadiem menyebut hampir sama dengan pelaksanaan Ujian Nasional.

“Pengembangan AN ini dilaksanakan oleh pusat asesmen dan pembelajaran dan yang punya pengalaman dalam mengelola asesmen standar berskala nasional, secara logistik hampir sama seperti UN pelaksanaannya, dan pengembangan teknis AN ini dilakukan oleh berbagai macam pakar nasional dan internasional dengan latar belakang peneliti dan akademisi,” tegasnya.

BERITA REKOMENDASI