Jadwal Tahapan Verifikasi Faktual Pilkada Terpaksa Mundur

Editor: Ivan Aditya

JAKARTA, KRJOGJA.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) memutuskan untuk mengundurkan jadwal tahapan verifikasi faktual calon perseorangan pada Pilkada 2020 dari 18 Juni menjadi 24 Juni.

“Kami lakukan perubahan jadwal verifikasi faktual dukungan calon perseorangan, yg awal mulai 18 Juni 2020, kemudian diundur menjadi 24 Juni 2020,” ujar Komisioner KPU, I Dewa Kade Dwiarsa.

Selain itu, pihaknya juga memundurkan jadwal penyerahan daftar pemilih tambahan dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). “Kami juga lakukan penyesuaian jadwal penyerahan data pemilih tambahan dr kemendagri kepada KPU yg semula tgl 15 Juni 2020 menjadi 18 Juni 2020,” lanjutnya.

Selain untuk kedua tahapan Pilkada 2020 di atas, Dewa menyebut pada prinsipnya tak ada perubahan jadwal tahapan dalam rancangan Peraturan Komisoner Pemilihan Umum.

“Secara prinsip tak ada perubahan, kecuali terhadap dimulainya pelaksanaan verifikasi faktual dukungan calon perseorangan,” lanjut dia.

Terkait pelaksanaan Pilkada ditengah pandemi, Ketua KPU Arief Budiman mengatakan akan ada beberapa protokol yang berbeda. Untuk itu rencananya pihaknya akan menggelar simulasi pada awal bulan Juli 2020. (*)

BERITA REKOMENDASI