Jalan Tol Brebes Timur-Weleri Bisa Dilalui 40-60 Km/Jam

JAKARTA, KRJOGJA.com – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan kesiapan infrastruktur jalan tahun ini lebih baik dibanding tahun sebelumnya dalam melayani arus mudik Lebaran 2017. Jalur Pantai Utara Jawa diprediksi masih menjadi primadona pemudik, baik melalui jalan tol maupun jalan nasional. 

Meskipun begitu, Kementerian PUPR juga telah menyiapkan jalur utama pemudik lainnya yakni jalan nasional baik di Selatan Pulau Jawa, Sumatera, Kalimantan, Bali, dan Sulawesi, dalam kondisi mantap saat H-10 sebelum Lebaran. 

Untuk menghindari terjadinya peristiwa kemacetan di Brebes Timur, pada 2017, terdapat tambahan ruas jalan tol fungsional yang dapat dilalui pemudik dari Brebes Timur hingga Weleri sepanjang 110 km. Ruas tol lainnya yang fungsional yakni dari Semarang hingga Surabaya sepanjang 245 km dan 4 ruas tol di Sumatera sepanjang 65 km.

"Dengan berfungsinya tol dari Brebes Timur sampai Weleri, para pemudik sudah melewati beberapa kota yang selama ini menjadi simpul kemacetan seperti Brebes, Tegal, Pekalongan, dan Batang termasuk beberapa perlintasan sebidang kereta api," ujar Menteri Basuki Hadimuljono melalui keterangan persnya, Selasa (6/6/2017). 

Jalan tol yang fungsional dari Brebes Timur-Weleri kondisinya menggunakan perkerasan beton tipis (lean concrete) yang bisa dilalui dengan kecepatan 40-60 km/jam. Sepanjang ruas tol tersebut akan ada 8 pintu keluar tol (exit tol) sementara seperti Ujung Rusi, Karang Jati, dan Warureja di Tegal, Sewaka dan Beji di Pemalang, Bojong di Pekalongan, Kandeman di Batang, serta pintu keluar tol Gringsing di Kendal atau Weleri. (*)

BERITA REKOMENDASI