Jalin Kolaborasi dengan Kemensos, Ponorogo Yakin Temukan Solusi Masalah Disabilitas Intelektual

Editor: KRjogja/Gus

PONOROGO, KRjogja.com – Menjalin kolaborasi dengan Kementerian Sosial (Kemensos) ,yakin akan menemukan solusi dalam mengatasi masalah disabilitas.
Demikian Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko yakin bisa mengatasi kasus penyandang disabilitas intelektual di beberapa desa di Kabupaten Ponorogo. Ia akan menemui Menteri Sosial Tri Rismaharini dalam waktu sesegera mungkin, merumuskan kerja sama yang baik.

“Saya akan ke Jakarta menemui Ibu Mensos. Saya akan membawa konsep kebijakan bagaimana memutus masalah tersebut selama satu generasi. Saya akan sowan ke Bunda (Mensos) memaparkan konsep saya dan kemudian terjadi kolaborasi dengan Kemensos,” kata Sugiri, saat bertemu Mensos di pendopo Kantor Bupati Ponorogo,Selasa (14/06).

Dalam kesempatan tersebut, Mensos juga menyinggung perlunya mencari solusi untuk menyelesaikan masalah tersebut. “Kemensos siap bekerja sama dengan Pemkab Ponorogo,” katanya.

Sugiri berharap dengan kolaborasi tersebut, dapat segera mengatasi masalah yang sudah bertahun-tahun menjadi PR. Sugiri tidak mau bereaksi dengan berbagai pandangan dan hasil studi yang menyatakan masalah tersebut muncul karena adanya inses, airnya jelek, atau kurang gizi.

“Semuanya saya anggap benar. Yang belum adalah bagaimana kita mengatasinya dengan langkah nyata. Nah mengatasi ini bersama Bu Mensos kita carikan solusi, sehingga masalah ini bisa diatasi,” katanya.

Sedikit buka kartu tentang konsep yang akan dipaparkannya di hadapan Mensos, Sugiri mengungkapkan, akan lebih “menertibkan” masalah keturunan atau nasab dari warga setempat. Sebelum mereka menikah, akan dipastikan lebih dulu pasangan calon pengantin tidak berasal dari kekerabatan yang dekat.

BERITA REKOMENDASI