Jamaah Diminta tak Ambil Sandal Yang Terlepas

PADANG (KRjogja.com) – Agar aman dan selamat selama menunaikan ibadah haji, Kepala Kanwil Kemenag Sumatera Barat (Sumbar) Salman K Memet mengingatkan calon jamaah haji selama menunaikan ibadah haji untuk tidak mengambil sandal yang terlepas dari kaki.

[baca juga : Visa Belum Jadi, Calhaj Tetap ke Tanah Suci]

“Kalau kondisi sesak saat melakukan perjalanan, ketika itu sandal terlepas dari kaki hendaknya tidak usah mundur untuk mengambil sandal tersebut,” ujar Salman di hadapan Calon Jamaah Haji (CJH) Kloter II asal Padang, Solok, Kota Solok dan Solok Selatan dalam acara Sindo dialog Haji 2016 bertemakan 'Haji yang aman dan sehat’ di Asrama Haji Padang, Selasa (9/8/2016) Menurutnya ketika jamaah mundur maka akan menunduk, ini sangat berisiko bagi jamaah terutama yang sudah tua.

“Saat menunduk, di situlah terjadi dorong mendorong dan akhirnya terinjak-injak oleh jamaah lain. Jadi kalau sandal terlepas dari kaki biarkan saja sebab kalau diambil itu sangat rentan untuk jadi korban yang diinjak,” tutupnya.

Untuk diketahui, jamaah yang tergabung dalam Kloter II akan diberangkatkan pada 10 Agustus pukul 13.25 WIB dari Bandara Internasional Minangkabau (BIM) ke Madinah. (*)   

BERITA REKOMENDASI