Jamaah HIMPUH Selesaikan Ibadah Haji dengan Lancar

Editor: KRjogja/Gus

JAKARTA, KRJOGJA.com – Prosesi ibadah haji yang dilakukan seluruh jamaah haji anggota Himpunan Penyelenggara Umrah dan Haji (HIMPUH) di Mina dan Makkah berjalan lancar dan kini kembali menempati hotel bintang lima baik di Makkah maupun Madinah.

“Alhamdulillah, seluruh jamaah haji anggota HIMPUH telah menyelesaikan rangkaian ibadah haji tahun 1438H / 2017 M ini dengan lancar, bahkan sebagian besar jamaah telah meninggalkan Mina pada 12 Dzulhijjah atau Nafar Awal, dan sebagian kecil pada 13 Dzulhijjah atau Nafar Tsani," kata Ketua Umum (Ketum) HIMPUH H Baluki Ahmad dalam pernyataannya di Jakarta, Selasa (12/9/2017).

Ia menjelaskan, untuk jamaah yang melakukan nafar tsani masih harus menginap satu malam lagi di Mina guna melakukan lontar jumrah di tiga Jumrah yakni Jumrah Wula, Jumrah Usta dan Jumrah Aqoba. Situasi terkini, menurut Baluki, seluruh jamaah HIMPUH sudah tiba di hotelnya masing-masing di Makkah, dan beberapa rombongan ada yang sedang mempersiapkan diri untuk kepulangannya ke Tanah Air dengan Maskapai Penerbangan Saudia Arabian Airlines. 

“Setelah itu, akan bergelombang mulai tanggal 15 September dengan menggunakan maskapai penerbangan lainnya sepeti Garuda Indonesia, Emirat, Etihad dan lainnya, hingga menjelang berakhirnya bulan Dzulhijjah. Sementara, sebagian lagi untuk gelombang kedua ada yang sedang menuju Madinah,” jelas Baluki.

Meski pelaksanaan rangkaian ibadah haji berjalan lancar, tapi ada beberapa jamaah HIMPUH yang masih sakit dan sedang dirawat di sejumlah rumah sakit di Saudi. Namun, ujar Baluki, dalam perkembangannya saat ini, kondisi jamaah itu sudah mulai berangsur membaik. 

Selain itu ia juga menyebutkan adanya beberapa yang dilaporkan wafat atau meninggal dunia. "Untuk yang wafat, sudah diuruskan dengan pihak Kementerian Agama. Sedang untuk yang wafat di Makkah setelah disalatkan di Masjidil Haram, kemudian dimakamkan di pemakaman Ma’la kota Makkah,” tandas Baluki. (Ful)

 

BERITA REKOMENDASI