Jangan Ragu Tanya Dokter SehatQ soal Ini

Editor: Agus Sigit

Saat melakukan telemedicine, tidak jarang pasien cenderung pasif dan hanya melaporkan gejala yang dialami serta dikeluhkannya. Kepasifan ini tentunya tidak berbuntut baik karena bisa membuat penanganan menjadi kurang tepat dan kurang berimbas positif bagi pemulihan tubuh Anda.

Biasakan untuk selalu tanya dokter SehatQ ataupun dokter platform konsultasi kesehatan online lainnnya secara mendetail. Pertanyaan yang detail pada kenyataannya bisa membuat diagnosis dokter semakin akurat dan kuat sehingga opsi penanganan yang bisa diberikan pun semakin mujarab.

Masih bingung soal pertanyaan apa saja yang sebaiknya diajukan ketika Anda melakukan telemedicine online. Tidak perlu bingung lagi, berikut ini ada beberapa pertanyaan yang sebaiknya tidak luput Anda tanya dokter SehatQ, ya!

Diagnosis yang Pasti

Tidak jarang ada dokter yang hanya mendengarkan keluhan dan gejala yang Anda alami. Kemudian, ia akan langsung memberikan resep untuk mengatasi gejala tersebut dan Anda menerimanya begitu saja. Namun mulai sekarang, jangan begitu lagi. Pastikan Anda menanyakan diagnosis yang pasti mengenai kondisi yang Anda alami. Diagnosis tersebut bisa menjadi dasar untu melihat kesesuaian pengobatan yang diberikan dokter tersebut.

Opsi Pengobatan

Ketika Anda diberikan suatu anjuran untuk perawatan ataupun obat untuk menyembuhkan gejala yang Anda alami, Anda juga bisa tanya dokter SehatQ mengenai ada tidaknya opsi pengobatan lain yang bisa dijalankan. Tanyakan pula apakah ada alternatif pengobatan alternatif yang lebih alami untuk mendukung perawatan yang diberikan guna kesembuhan yang lebih cepat.

Lama Pemulihan

Anda juga bisa tanya dokter SehatQ mengenai seberapa lama penyakit yang Anda keluhkan tersebut bisa menetap di tubuh. Biasanya jika penyakit tersebut berupa infeksi virus, pemulihan bisa berlangsung tidak sampai 10 hari dengan atau tanpa pengobatan medis. Jika berasal dari infeksi bakteri, pemulihannya juga tidak terlalu lama. Namun jika gejala yang Anda alami merupakan kondisi penyakit kronis, mungkin Anda membutuhkan perawatan yang berkelanjutan.

Gejala yang Mesti Diantisipasi

Sebaiknya, Anda juga bertanya kepada dokter di telemedicine mengenai gejala apa saja yang mesti diantisipasi. Ada kemungkinan, gejala yang Anda alami dari suatu penyakit tidak menyeluruh. Bisa saja ada gejala susulan yang justru mesti ditangani dengan cepat. Pada saat itu terjadi, tanyakan pula apa yang sebaiknya Anda lakukan dan perlukah penanganan medis secara langsung di unit gawat darurat atau tidak.

Kondisi untuk Perawatan Lanjutan
Jangan lupa tanya dokter SehatQ mengenai kemungkinan perawatan lanjutan. Ada beberapa kondisi yang membuat seseorang harus berobat ke dokter terlebih dahulu sebelum sembuh. Kemungkinan tersebut ada juga pada diri Anda ketika sakit sehingga tidak ada salahnya menanyakan hal ini kepada tenaga medis yang bersangkutan.

Efek Samping Obat

Tentunya Anda akan mendapat sejumlah resep obat dari telemedicine yang Anda lakukan. Selain perlu memperhatikan jenis-jenis obat dan cara penggunaannya, tidak ada salahnya tanya dokter SehatQ mengenai efek samping obat tersebut. Mengetahui efek samping obat sedari awal bisa membuat Anda lebih peka dan bisa melakukan tindakan yang tepat jika efek samping tersebut terjadi. Anda juga bisa bertanya kepada dokter mengenai hal yang harus dilakukan jika efek samping obat tersebut menimpa diri Anda.

Tanya dokter SehatQ secara detail akan membuat proses pengobatan menjadi lebih mudah dan lebih akurat bagi kedua belah pihak. Tentunya dengan demikian, kepuasan Anda memanfaatkan telemedicine pun tidak menjadi taruhan.

 

BERITA REKOMENDASI