Jaring Wisatawan, Daerah Dituntut Kreatif

JAKARTA, KRJOGJA.com – Deputi Pengembangan Pemasaran I, Kementerian Pariwisata, Rizky Handayani mengatakan dalam membuat suatu event di daerah harus berkualitas internasional dan harus lebih inovatif agar lebih mudah menjaring wisatawan.
Bahkan dalam penyelenggaraan sebuah event harus di buat paket wisata, sehingga para wisatawan akan lebih lama tinggal di daerah tersebut dan tentunya akan menambah devisa negara  dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

"Dalam sebuah event, penyelenggara tidak bisa berdiri sendiri, mereka harus  lebih inovatif  agar bisa menarik wisatawan. Kalau hanya wisatawan menonton event dan langsung pulang, itu event yang sukses namanya. Penyelenggara event seharusnya membuat paket wisata yang membuat wisatawan akan tinggal lebih lama di daerah tersebut, dan tentu akan ada value yang di peroleh, seperti devisa negara yang masuk, dan masyarakat di sekitar juga kesejahteraannya meningkat," kata Deputi Pengembangan Pemasaran I, Kementerian Pariwisata, Rizky Handayani pada acara diskusi Forum Wartawan Pariwisata (Forwapar)  tentang Forwapar Klinik, Capturing Moments of Calendar Events Kementerian Pariwisata, di Jakarta.

Menurutnya selama ini  dalam satu event di daerah belum ada yang berhasil menjaring wisatawan manca negara (wisman) sebanyak 1 juta orang. Ke depan, diharapkan event besar di daerah bisa menjaring wisman ke suatu event dengan jumlah tersebut apalagi bila event tersebut merangkut ABCGM yakni academic, business, comommunity, govermnet dan media.

"Iya belum ada satu event di daerah yang berhasil mendatangkan wisman 1 juta orang dalam satu penyelenggaraan event, baik itu yang berskala internasional maupun berskala lokal," tegasnya.

Tenaga Ahli Menteri Pariwisata Bidang Management Calendar of Event (CoE) Esthy Reko Astuti mengatakan strategi utama Kemenpar dalam menjaring sebanyak-banyaknya wisatawan mancanegara dan wisatawan nusantara datang ke Indonesia adalah dengan meluncurkan Top 100 Calendar of Event 2019 .

Dikatakan, dalam 100 Wonderful Events yang masuk dalam Calendar of Events 2019 sudah dipastikan memiliki dampak positif bagi masyarakat dan peran media yang optimal akan membuat gelaran ini menjadi lebih sempurna lagi. (Lmg)

BERITA REKOMENDASI