Jawa Barat Daerah Paling Banyak Terjadi Gempa di Jawa

Editor: Ivan Aditya

JAKARTA, KRJOGJA.com – Jawa Barat adalah daerah dengan aktivitas gempa paling sering di pulau Jawa.  Pasalnya, wilayah Sukabumi dan Lebak memang mengalami peningkatan aktivitas gempa bumi dalam beberapa tahun terakhir.

“Wilayah Sukabumi dan Lebak dalam beberapa tahun terakhir memang mengalami peningkatan aktivitas gempa bumi. Berdasarkan data sebaran aktivitas gempa di Pulau Jawa sejak 2019 tampak bahwa wilayah Jawa Barat merupakan kawasan dengan aktivitas seismisitas paling aktif di Jawa Barat,” kata Daryono dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG).

Daryono menjelaskan aktivitas gempa tidak hanya terjadi di zona megathrust, tetapi frekuensi aktivitas gempa kerak dangkal (shallow crustal earthquake) akibat aktivitas sesar aktif juga sangat tinggi. BMKG mencatat setidaknya ada 35 gempa di Jawa Barat dan Banten.

“Khusus data gempa sejak Januari 2020 menunjukkan sudah terjadi lebih dari 35 aktivitas gempa di Jawa barat dan Banten yang guncangannya dirasakan oleh masyarakat,” kata Daryono.

Membahas soal gempa di Sukabumi, episenter gempa  terletak pada koordinat 7,02 LS dan 106,96 BT tepatnya di darat pada jarak 10 kilometer arah tenggara Kota Sukabumi pada kedalaman 9 kilometer.

“Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya tampak bahwa gempa yang terjadi merupakan jenis gempa kerak dangkal (shallow crustal earthquake) di zona Sesar Cimandiri,” tutur Daryono. (*)

BERITA REKOMENDASI