Jelang New Normal, Perusahaan Diminta Semprot Ulang Disinfektan

Editor: KRjogja/Gus

JAKARTA, KRJOGJA.com – Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah, meminta perusahaan-perusahaan melakukan penyemprotan ulang disinfektan di area kerja menjelang perberlakuan New Normal untuk memastikan diterapkannya protokol Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3), sehingga pekerja bekerja secara produktif, aman dan sehat.

“Jika nanti kebijakan new normal sudah ditetapkan dan perusahaan beroperasi kembali, maka protokol kesehatan harus dipenuhi. Misalnya, dilakukan penyemprotan disinfektan secara menyeluruh di area kerja untuk melindungi para pekerja,” kata Ida saat memimpin penyemprotan disinfektan ke pemukiman padat penduduk di Kelurahan Jembatan Besi, Tambora, Jakarta Barat, Jumat (5/6/2020).

Dalam kesempatan ini, ia juga mengingatkan perusahaan agar mempekerjakan kembali pekerja korban pemutusan hubungan lerja (PHK) dan dirumahkan akibat Covid-19 apabila kondisi sudah normal kembali atau kehidupan normal baru.

“Saya juga minta kepada perusahaan-perusahaan ketika kondisi normal, dan perusahaan beroperasi kembali, ayo diajak teman-teman yang dirumahkan dan di-PHK untuk kembali bekerja. Ayo sama-sama memulihkan melalui melibatkan teman-teman pekerja yang diPHK dan dirumahkan,” tutur Ida. Masa pandemi Covid-19, ujarnya, merupakan momentum bagi pengusaha dan pekerja tentang pentingnya penerapan K3 di tempat kerja.

BERITA REKOMENDASI