Jelang Pilkada, Facebook Tekan Hoax

Editor: Ivan Aditya

JAKARTA, KRJOGJA.com – Facebook Indonesia mengakui jika pihaknya menjalin kerja sama dengan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) untuk memerangi konten berita hoaks dan ujaran kebencian selama Pilkada Serentak 2018. Communication Lead Facebook Indonesia Putri Dewanti menyebut konteks hoaks dan ujaran kebencian dari Bawaslu yang ditemukan jelang dan saat Pilkada dilaporkan melalui jalur khusus.

"Kami ada kerja sama untuk jalur khusus pelaporan negative contents dengan Bawaslu. Laporan mereka diprioritaskan," katanya.

Dimenjelaskannya kerja sama antara kedua pihak telah terjalin sebelum musim Pilkada. Kedua pihak telah melakukan sejumlah aktivitas, seperti pelatihan bersama dan menayangkan iklan layanan masyarakat mengenai berita palsu.

Pelatihan yang diberikan oleh pihak Facebook ditujukan untuk staf Bawaslu dari seluruh Indonesia. Konten pelatihan mengenai cara mendeteksi berita palsu dan bagaimana membuat laporan jika menemukan konten hoaks dan ujaran kebencian di platform Instagram dan Facebook. (*)

BERITA REKOMENDASI