Jemaah DIY Mulai Tinggalkan Madinah

Editor: Ivan Aditya

MADINAH, KRJOGJA.com – Setelah menyelesaikan Salat Arba’in (salat fadhu secara berjemaah berturut-turut hingga 40 kali) di Masjid Nabawi (sekitar 8 hari), jemaah DIY meninggalkan Madinah untuk menuju Makkah. Saat keluar hotel, semua jemaah sudah mengenakanpakaian ihram. Selanjutnya dengan bus jemaah dibawa ke Masjid Bir Ali sebagai miqot (tempat untuk melafalkan niat umrah haji) untuk salat sunat ihram.

Jemaah DIY yang pertama meninggalkan Madinah adalah Kloter 18-SOC. Jemaah asal Sleman ini diberangkatkan Sabtu (25/6) Pukul 08.00 WAS dari Artal International Hotel. Disusul sorenya kloter 19-SOC asal Bantul. Diberangkatkan Pukul 16.00 dari Andalus Palace 3 Hotel. Kemudian pada Minggu (26/6) pukul 14.00 WA siang ini diberangkatkan jemaah kloter 20-SOC dari dari Orjwan Al Salam Hotel. Terakhir, Senin (27/6) besok pukul 08.00 WAS pagi diberangkatkan jemaah kloter 21-SOC dari Mirage Al Salam Hotel.

Sementara itu, jemaah Kloter 18-SOC tiba di Makkah Al-Mukarramah Sabtu (25/6) petang. Menurut Ahmad Fauzi SH, petugas PPIH, selama di Makkah mereka menempati Kiswah Tower Hotel Sektor 4. Hotel yang cukup megah di Wilayah Jarwal, Maktab 32. Sesampai hotel, setelah pembagian kamar dan istirahat secukupnya, kebanyakan jemaah langsung ke Masjidil Haram untuk melaksanakan umrah wajib/umrah qudum, yaitu thawaf, sai dan tahalul. Setelah itu kembali ke hotel dan boleh melepas ihram kemudian kembali berpakaian biasa.

“Saya siap nderekke

jemaah Ar-Raudhah melaksanakan umrah wajib sambil saya sendiri umrah sunah,” kata H Budi Handoyo, pembimbing Ar-Raudhah-Al-Barokah yang sudah lebih dahulu tiba di Makah.

Sementara itu Jemaah Hajar Aswad Bantul (19 SOC), Sabtu pagi sudah siap-siap packing koper. Di samping itu juga menjalankan sunah-sunah ihram, mandi besar, potong kuku, rapikan rambut dan sebagainya, karena Sabtu sore bakda Asar meninggal kan Madinah menuju ke Makkah. “Jemaah siap menunaikan umrah wajibnya,” Ust Agus Priyanto melaporkan.

Jemaah Multazam Yogya, Bantul dan Kulonprogo mendapat arahan persiapan Umrah Qudum dari Ustadz Agus Gunarto. Jemaah akan meninggalkan Madinah menuju Makkah, Ahad (26/6) siang pukul 14.00 WAS. Diingatkan agar tetap menjaga kesehatan.

Pada hari ke tujuh di Madinah, jamaah Sunan Pandanaran melakukan manasik umrah dengan dibimbing oleh Ust Abdul Halim. Mujiburrohman mengabarkan, rencana perjalanan ke Makkah pada Ahad pagi setelah salat Subuh.

Sabtu kemarin usai Subuhan di Masjid Nabawi, jemaah Muslimat NU Darul Quran Gunungkidul masih mengadakan pertemuan di pintu 25 dalam rangka koordinasi dan pemantapan jadwal ke Raudhah serta manasik persiapan pelaksanaan umrah. Pertemuan dipimpin KH Kharis Masduki. “Alhamdulillah jamaah sehat dan kekompakan tinggi, yang pakai kursi roda didorong oleh sesama jamaah dengan cara dijadwal dan berjalan lancar,” kata Kiai Kharis. (No/Fie)

BERITA REKOMENDASI