Jepara Diguncang Gempa, Masyarakat Dihimbau Tenang

JAKARTA, KRJOGJA.com – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geosifika (BMKG) mengimbau masyarakat untuk tetap tenang menyusul terjadinya gempa berkekuatan Magnitudo 6,1 di Jepara, Jawa Tengah. Gempa terjadi hari ini, pada pukul 5.54 WIB.

“Kepada masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa,” ujar Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG Rahmat Triyono melalui keterangan tertulis, Selasa (7/7/2020).

Ia juga mengimbau masyakarat untuk memeriksa dan memastikan bangunan yang ditinggali cukup tahan gempa. Selain itu, dipastikan lagi tidak ada kerusakan akibat getaran gempa karena dalam membahayakan kestabilan bangunan.

Gempa di wilayah Laut Jawa Jepara merupakan gempa tektonik. Gempa ini memiliki parameter dengan magnitudo M6,1. Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 5,77 LS dan 110,64 BT , atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 85 km arah Utara Mlonggo, Jepara, Jawa Tengah pada kedalaman 539 km.

BERITA REKOMENDASI