Jika Corona Tak Kunjung Usai, Mudik Bakal Dipenuhi Mobil Pribadi

JAKARTA, KRJOGJA.com – Menteri Perhubungan (Menhub) Republik Indonesia, Budi Karya Sumadi mengungkapkan skema penanganan covid-19 atau virus corona jika tak berangsur membaik saat masa mudik nanti.

Budi mengatakan saat ini sedang lakukan uji coba alat desinfektan. Rencananya, jika alat tersebut bekerja maka akan dipikirkan pengadaannya.

“(alat desinfektan tersebut) memang lagi diuji coba. Kemarin itu koordinasi dengan salah satu orang yang mempunyai gagasan membuat (alat) itu, dan sudah diuji coba (selama) dua hari ini, memang itu koordinasi dengan saya, dan saya sampaikan bagus” jelasnya di Gedung Kementerian Perhubungan pada Jumat (13/03/2020).

Budi juga menyatakan persetujuannya jika alat tersebut nantinya dapat direalisasikan di simpul-simpul transportasi udara. Namun terkait pengadaanya, Budi mengatakan masih perlu dikaji.

“Untuk pengadaannya yang harus kita pikirkan. Tapi informasi dari pihak yg melaksanakan pekerjaan itu, ada dana yang ada di Bappenas, itu bisa dipakai untuk kepentingan penggunaan alat itu. Jadi kalau bisa, kenapa tidak.

Jika covid-19 atau virus corona itu meluas, lanjut Budi, ia memperkirakan masyarakat banyak yang menggunakan kendaraan pribadi.

“Saya berdoa saja semoga tidak seperti itu. Kita pemerintah masih punya waktu untuk recovery terhadap ini semua,” harapnya.(*)

BERITA TERKAIT