Jika Usaha Belum Besar, Jangan Jadi Politikus

Editor: Ivan Aditya

JAKARTA, KRJOGJA.com – Wakil gubernur DKI Jakarta terpilih Sandiaga Uno mengatakan, benturan kepentingan pengusaha dengan penguasa cukup besar dalam kehidupan politik. Dia pun menyarankan kepada mahasiswa untuk tidak terjun ke dunia politik ketika memilih menjadi pengusaha.

Hal itu disampaikan Sandi di hadapan peserta seminar Days of Islamic Economics Revival bertajuk 'Ekonomi Syariah untuk Semua'. "Ketika masuk politik, benturan pengusaha dan penguasa sangat besar. Penguasa dan pengusaha tidak bisa sama, karena benturan kepentingannya terlalu besar," kata Sandi saat memberikan penjelasan tentang dunia usaha di Bogor, Jum'at (12/05/2017).

Sandi mengatakan kepada peserta seminar, cukup dirinya saja pengusaha yang beralih menjadi politikus. Menurutnya, pengusaha yang beralih menjadi politikus adalah pengusaha yang tak perlu lagi mengembangkan usahanya.

Dia pun menyarankan, sebaiknya tidak menjadi politikus ketika usaha yang dimilikinya belum besar. Sandi juga melarang sejumlah temannya berpolitik, kecuali usahanya sudah benar-benar besar.

"Pak Jusuf Kalla selalu mengingatkan saya jangan mencampurkan politik dan dagang. Politik bagus, dagang bagus, tapi harus sendiri-sendiri. Karena nanti bisa jadi kita memperdagangkan politik dan mempolitikkan dagang, tidak boleh," kata Sandi. (*)

BERITA REKOMENDASI