JK Ceritakan Peran Mufidah Setia Mendampingi

Editor: Ivan Aditya

JAKARTA, KRJOGJA.com – Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) menceritakan pengalamannya yang banyak dibantu istri, Mufidah dalam memenuhi kebutuhan keluarga. Pasalnya, kata JK, penghasilan sebagai wapres tak cukup menopang ekonomi keluarga.

"Saya ini kalau dihitung penghasilan sebagai wapres tidak bisa berjalan dengan baik tanpa dukungan istri yang juga pengusaha. Jadi biaya keluarga lebih banyak didukung penghasilan istri saya sebagai pengusaha," ujar JK.

Merujuk pada Undang-Undang Nomor 7 Tahun 1978, gaji wakil presiden adalah empat kali gaji pokok tertinggi pejabat di Indonesia selain presiden dan wakil presiden. Namun, gaji pokok tersebut belum termasuk sejumlah tunjangan yang diberikan negara kepada pejabat setiap bulannya.

Selain istri, JK mengatakan kesuksesannya sebagai pengusaha juga tak lepas dari dukungan ibunya, Athirah Kalla. JK menuturkan, tanpa dukungan dua perempuan itu dirinya tak akan berhasil menjadi pengusaha.

"Secara pribadi saya bisa berdiri di sini karena dua pengusaha wanita muslimah. Ibu saya dan istri saya itu," ujar pria yang sudah dua kali merasakan jabatan wakil presiden tersebut.

JK mengatakan ibunya berperan penting saat keluarganya mengalami kesulitan ekonomi akibat krisis dunia. Saat itu ibunya memiliki usaha dengan berjualan barang-barang tertentu. (*)

JK

BERITA REKOMENDASI