JK Tak Masalahkan Penggunaan Kotak Suara Kardus

Editor: Ivan Aditya

JAKARTA, KRJOGJA.com – Wakil Presiden RI Jusuf Kalla (JK) tak mempermasalahkan penggunaan kotak suara berbahan karton kedap air alias kotak suara kardus untuk Pemilihan Umum 2019. Sebelumnya, rencana Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk menggunakan kotak suara kardus ini mendapatkan keberatan dari sejumlah pihak, terutama kubu oposisi.

"Salah satu (alasan) karton itu karena pengalaman pakai aluminium itu susah simpan. Kemudian banyak yang rusak dan mesti diganti," ujar JK.

KPU sebelumnya menjawab keberatan soal kotak suara berbahan kardus untuk Pemilu 2019. Kotak suara yang banyak dipermasalahkan terutama di media sosial itu disebut KPU berbahan dasar karton kedap air.

Sementara itu, Ketua KPU Arief Budiman mengaku heran jika kotak suara berbahan karton antiair itu dipermasalahkan saat ini. Pasalnya, kotak suara yang sama itu sudah dipakai pada pemilu sebelumnya.

KPU berdalih penggunaan kardus dinilai lebih praktis dan dapat menghemat anggaran. Bahkan kardus itu sudah diuji coba dengan diduduki langsung oleh Arief.

"Dari seng pun kalau mau dirusak, ya rusak. Itu dijaga saja agar tidak kehujanan. Dan jangan lupa sudah disetujui masing-masing pihak, oleh KPU dan partai-partai juga sudah setuju," katanya. (*)

BERITA REKOMENDASI