Jokowi Bakal Tambah Anggaran Riset

Editor: Ivan Aditya

JAKARTA, KRJOGJA.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengaku akan menggeser alokasi dana pembangunan ke riset bila infrastruktur rampung. Hal ini dilakukan mengingat masih tertinggalnya dana riset di RI dibandingkan negara-negara lain.Begitu infrastruktur selesai, tak geser anggaran infrastruktur masuk ke sini (riset). Kita harus mempersiapkan ini untuk masa depan bangsa," ujar Jokowi.

 

Jokowi menyelipkan pesan kepada Menteri Riset dan Teknologi Bambang Brodjonegoro untuk mengkonsolidasikan seluruh anggaran riset untuk pengembangan riset. Sehingga, riset bisa mendukung program hilirisasi dan meningkatkan nilai tambah produk dalam negeri.

"Apalagi, Jokowi melanjutkan anggaran riset dari seluruh kementerian dan lembaga jika digabungkan mencapai Rp27 triliun. "Jangan sampai riset hanya jadi laporan dan ditaruh di lemari. Rp27,1 triliun ini uang gede, kalau bisa dikonsolidasikan dan menghasilkan sesuatu," terang dia.

Selain konsolidasi anggaran riset, Jokowi meminta Bambang Brodjonegoro untuk menyusun agenda riset strategis nasional yang mencakup seluruh bidang, mulai dari energi, pangan, farmasi, pertahanan, hingga teknologi informasi. (*)

BERITA REKOMENDASI