Jokowi Bakal Temui Pimpinan KPK

Editor: Ivan Aditya

JAKARTA, KRJOGJA.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebut akan segera menemui para pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Hal itu dilakukan menyoroti banyaknya operasi tangkap tangan (OTT) yang menjerat kepala daerah.

Jokowi juga membuka kemungkinan untuk melakukan dialog terkait pemberantasan korupsi kepada sejumlah petinggi partai politik.

"Harus dibicarakan dengan partai politik sistem rekrutmen politik yang paling murah ini yang perlu dibicarakan. Mulai dari mana? Sistem rekrutmen politik ya bersama-sama dari situ, atau perbaikan sistem pemerintah pusat, ayo kita mulai," ujar Jokowi.

Terkait fungsi KPK ke depan, Jokowi mengatakan KPK harus memperbaiki sistem untuk pencegahan. "Misalnya satu provinsi ada gubernur ditangkap, setelah ditangkap seharusnya perbaikan sistem, masuk ke situ," kata Jokowi.

Selain itu, ia juga ingin mengusulkan fokus kerja lembaga antikorupsi ke depan. "Apakah perbaikan di sisi eksekutif daerah atau sisi pemerintah pusat atau kepolisian atau kejaksaan, sehingga harus ditentukan fokusnya. Sehingga tidak sporadis, evaluasi sangat perlu," ujarnya. (*)

KPK

BERITA REKOMENDASI