Jokowi Bela Prabowo

Editor: Ivan Aditya

JAKARTA, KRJOGJA.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) membela Menteri Pertahanan Prabowo Subianto yang mendapat kritik dari PKS lantaran kerap melakukan lawatan ke sejumlah negara. Jokowi menyebut kunjungan Prabowo ke luar negeri itu merupakan bagian dari diplomasi pertahanan.

"Jadi kalau ada yang mempertanyakan, Pak Menhan pergi ke sebuah negara, pergi ke sebuah negara, pergi ke sebuah negara, itu adalah dalam rangka diplomasi pertahanan kita, bukan untuk lain-lain," kata Jokowi.

Jokowi menyatakan orang-orang yang masih mempertanyakan kunjungan Prabowo ke negara lain berarti belum memahami soal diplomasi pertahanan. Menurutnya, dalam kunjungan ke sejumlah negara itu, Prabowo juga sekaligus melihat alat utama sistem pertahanan (Alutsista) yang akan dibeli oleh pemerintah. Ia mengaku kerap berdiskusi dengan Prabowo terkait dengan alutsista yang akan dibeli.

"Bagus atau tidak bagus, bisa digunakan atau tidak bisa digunakan, semuanya dicek. Itu sudah kami diskusikan dengan Pak Menhan, tidak sekali dua kali, Banyak yang enggak tahu," ujarnya.

Jokowi lantas mengingatkan tantangan ke depan semakin berat. Salah satunya adalah semakin luasnya spektrum konflik di berbagai belahan dunia. Ia pun meminta jajarannya untuk memperkuat diplomasi pertahanan. (*)

BERITA REKOMENDASI