Jokowi Dapat Sinyal Dukungan Partai Demokrat

Editor: Ivan Aditya

JAKARTA, KRJOGJA.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mendapat sinyal dukungan dari Partai Demokrat untuk Pemilihan Presiden 2019. Namun, sikap tersebut tidak mempengaruhi persaingan Partai Demokrat dengan PDIP (Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan) dalam Pemilihan Gubernur Jawa Barat 2018.

Sinyalemen tersebut mencuat dalam Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) Partai Demokrat di Sentul Kabupaten Bogor, Sabtu 10 Maret 2018. Terlebih, setelah Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono memberikan pernyataan tersebut di hadapan ribuan kader dan simpatisan partainya.

"Perjuangan bersama, apapun namanya, apakah koalisi, berhasil jika kerangka perjuangannya tepat,” kata SBY dalam pidato pembukaan Rapimnas kali ini.

Ia menyatakan akan memberikan dukungan apabila ada kesamaan visi dan misi dengan Jokowi dan partai pengusungnya, PDIP. Akan tetapi, SBY mengakui upaya menyamakan persepsi kedua partai tersebut akan sulit.

Menurut pengalaman dalam Pilpres sebelum-sebelumnya, sikap Partai Demokrat dan PDIP memang kerap berseberangan. SBY mengatakan akan melakukan pembicaraan lebih lanjut dengan PDIP terkait visi dan misi pemerintahan periode selanjutnya.

Menurutnya, keberhasilan visi dan misi tersebut ditentukan oleh koalisi partai yang saling percaya dan menghormati satu sama lain. Menurutnya, koalisi adalah urusan hati sehingga masing-masing partai yang berkoalisi harus saling bersedia. (*)

BERITA REKOMENDASI