Jokowi Hadiri Peringatan Hari Pers Nasional

Editor: Ivan Aditya

PADANG, KRJOGJA.com – Presiden Joko Widodo menghadiri puncak peringatan hari pers nasional (HPN) tahun 2018 di Padang, Sumatera Barat, Jumat (09/0/2018). Dalam sambutannya, di puncak HPN 2018, Jokowi di hadapan ribuan undangan mengatakan di era informasi yang melimpah, pers masih diperlukan untuk membangun narasi kebudayaan dan peradaban baru.

Mungkin, kata Jokowi, sekitar lima tahun belakangan masyarakat mendengar berbagai analisa yang mengatakan bahwa media mainstream, media massa akan digeser media sosial, media baru. Media massa pers yang dikenal sebagai pilar ke-4 demokrasi dianggap akan sulit bersaing dengan media sosial dan digital.

"Saya percaya bahwa di era lompatan kemajuan teknologi di era melimpahnya informasi dan misinformasi, justru pers makin diperlukan," kata Jokowi di Padang.

Menurut Jokowi, pers semakin diperlukan untuk menjadi pilar penegak penyampaian kebenaran, pers semakin diperlukan sebagai penegak fakta.  "Pilar penyebar aspirasi yang ada di masyarakat, memotret masyarakat yang semakin bergerak semakin efisien dan melahirkan revolusi industri 4.0 berbasis digitalisasi dan anlaytic data," kata Jokowi. (*)

BERITA REKOMENDASI