Jokowi Ingin Bos Perusahaan Amerika Kerjasama dengan Asean

Editor: Ivan Aditya

JAKARTA, KRJOGJA.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri dialog dengan para CEO perusahaan besar Amerika Serikat (AS). CEO perusahaan yang hadir dari berbagai sektor, baik itu sektor industri penerbangan, energi, pertambangan, dan digital.

Acara yang merupakan bagian rangkaian dari KTT ASEAN-AS ini mengambil tema “ASEAN Matters for the US and US Matters for ASEAN”. Acara ini juga turut dihadiri oleh Secretary of Commerce USTR dan Utusan Khusus Presiden AS untuk Perubahan Iklim John Kerry. Dalam pertemuan dengan para CEO ini, Jokowi juga diberikan kesempatan untuk berbicara pertama dan menyampaikan keynote speech.

“Dalam pertemuan tersebut, Bapak Presiden menyampaikan beberapa hal. Yang di awal, ASEAN telah sukses membangun kawasan dengan pertumbuhan ekonomi yang stabil dan damai. PDB ASEAN kini telah mencapai USD3,3 triliun,” ujar Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dalam keterangan pers secara virtual pada Jumat (13/05/2022).

Namun, di saat yang sama, Jokowi mengingatkan bahwa ASEAN harus terus bekerja keras untuk dapat lebih menikmati rantai nilai global agar mampu menaiki tangga kemajuan. Sebagai Presiden G20, Jokowi menyampaikan bahwa Indonesia ingin memastikan agar G20 dapat bekerja sebagai katalisator pemulihan ekonomi global, terutama bagi kemajuan negara-negara berkembang.

“Semua ini memerlukan kemitraan yang erat antara pemerintah dengan komunitas bisnis. Presiden berharap para CEO perusahaan besar AS dapat membangun kerjasama konkret di G20 dan kerjasama dengan ASEAN,” ungkap Retno. (*)

BERITA REKOMENDASI