Jokowi Ingin Industri Garmen Menang dari Vietnam

Editor: Ivan Aditya

JAKARTA, KRJOGJA.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) memerintahkan kepada Menteri Perindustrian Agus Gumiiwang Kartasasmita untuk menjaga industri garmen di dalam negeri. Perintah diberikannya karena ia tak ingin industri garmen di dalam negeri kalah bersaing dengan Vietnam.

Jokowi mengatakan industri garmen di dalam saat ini sudah mendapatkan dukungan ketersediaan bahan baku. Di Indonesia sekarang ini sudah ada perusahaan yang menggunakan teknologi bagus. Teknologi tersebut mampu mengubah serat kayu rayon menjadi kain.

“Ini sebuah teknologi yang juga perlu diberikan apresiasi. Jangan berpikir yang namanya teknologi itu hanya ada di Eropa, teknologi hanya ada di Jerman, teknologi hanya ada di Skandinavia. Di Indonesia pun ada dan itu di Kabupaten Pelalawan, bukan di Jakarta, bukan di Jawa, tapi di Pelalawan, Riau. Ini yang banyak tidak diangkat,” ujar Jokowi.

Selain menjaga industri garmen, Jokowi juga ingin investasi di dalam negeri bisa tetap di jaga. Menurutnya, investasi saat ini diperlukan.

Pasalnya, kemampuan negara untuk mendorong pertumbuhan ekonomi terbatas. Hitungannya, kontribusi yang diberikan negara melalui APBN dan APBD hanya sekitar 23 persennya saja. (*)

BERITA TERKAIT