Jokowi Khawatirkan Ketersediaan Vaksin

Editor: Ivan Aditya

JAKARTA, KRJOGJA.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengkhawatirkan ketersediaan vaksin tidak dapat memenuhi kebutuhan warga Indonesia saat ini. Padahal, ia menargetkan proses vaksinasi dapat dilakukan kepada jutaan orang per harinya.

“Masalah besar adalah ketersediaan vaksin itu sendiri yang tidak bisa dalam jumlah yang kami inginkan dalam waktu sekarang,” ucap Jokowi di Istana Kepresidenan Bogor.

Ia menyatakan terdapat 29 ribu vaksinator di Indonesia. Jika satu vaksinator dapat menyuntik 30 orang dalam satu hari, maka Jokowi menargetkan total masyarakat yang disuntik per hari mencapai 1,2 juta orang.

Namun, ketersediaan vaksin masih menjadi masalah besar. Menurut Jokowi, pemerintah sudah mendapatkan 3 juta vaksin untuk tenaga kesehatan.

Lalu, pemerintah mendapatkan lagi jatah 7 juta vaksin yang akan diberikan untuk pelayan publik atau pekerja publik, guru, lansia, dan pekerja di pusat ekonomi. Setelah itu, pemerintah akan mendistribusikan untuk masyarakat umum.

Oleh karena itu, Jokowi menyatakan pemerintah terus berupaya agar Indonesia mendapatkan jatah vaksin secara berkelanjutan setiap bulannya. Sejauh ini, pemerintah sudah mengamankan 426 juta vaksin covid-19. (*)

BERITA REKOMENDASI