Jokowi Lantik Djoko Setiadi Jadi Kepala Badan Siber

Editor: Ivan Aditya

JAKARTA, KRJOGJA.com – Presiden Joko Widodo bakal melantik Kepala Lembaga Sandi Negara Mayor Jenderal Djoko Setiadi menjadi Kepala Badan Siber dan Sandi Negara hari ini di Istana Negara. Pelantikan ini dilakukan setelah Perpres soal BSSN direvisi. Djoko Setiadi saat ini menjabat Kepala Lembaga Sandi Negara (Lemsaneg).

“Iya. Djoko Setiadi,” ujar salah seorang sumber Istana, Rabu (03/01/2017).

Djoko Setiadi nantinya akan berada langsung di bawah Presiden Jokowi. Hal itu termaktub dalam Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 133 Tahun 2017 tentang Perubahan atas Perpres Nomor 53 Tahun 2017 tentang Badan Siber dan Sandi Negara.

Posisi BSSN yang sebelumnya berada di bawah Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan diubah menjadi langsung di bawah Presiden melalui Perpres yang ditandatangani 16 Desember 2017 ini.

Sebelumnya, Jokowi menyatakan pengubahan posisi itu disebabkan BSSN merupakan lembaga penting dan dibutuhkan negara guna mengantisipasi perkembangan dunia siber yang sangat cepat.

Pasal 36 beleid ini menyatakan, Kepala BSSN harus menyampaikan laporan kepada Presiden mengenai hasil pelaksanaan tugas pemerintahan di bidang keamanan siber secara berkala atau sewaktu-waktu sesuai kebutuhan. Dalam perpres ini juga ditegaskan, Kepala BSSN diberikan hak keuangan dan fasilitas setingkat menteri. (*)

BERITA REKOMENDASI