Jokowi Minta BNPB Siapkan Skenario Hadapi Corona

Editor: Ivan Aditya

JAKARTA, KRJOGJA.com – Presiden Joko Widodo meminta Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyiapkan skenario jika Virus Corona masuk ke Indonesia.

"Saya perlu ingatkan bencana sekarang bukan bencana alam saja tapi juga non-alam. Kita lihat Virus Corona, ini bencana non-alam. Hati-hati, kita harus punya skenario kalau itu terjadi," ujar Jokowi.

Dia menuturkan skenario itu meliputi tahapan-tahapan yang harus dilakukan saat menghadapi persebaran virus itu; mulai dari persiapan, lokasi, hingga tugas masing-masing kementerian/lembaga.

"Moga-moga enggak terjadi di negara kita. Kalau terjadi harus ada skenario apa, penyiapan apa, di mana, dikerjakan apa, step-step itu harus kita miliki. Karena kalau tidak kita akan tergagap-gagap," katanya.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu sendiri mengapresiasi langkah jajarannya yang sigap saat proses evakuasi ratusan Warga Negara Indonesia (WNI) dari Wuhan, China, pada Sabtu (01/02/2020). Proses evakuasi itu dilakukan bersama tim gabungan dari Kementerian Luar Negeri, Kementerian Kesehatan, BNPB, TNI, hingga Polri.

Keputusan untuk mengevakuasi itu pun, menurut Jokowi, dilaksanakan dalam waktu yang begitu singkat dan cepat.

"Dalam posisi yang sangat cepat, evakuasi WNI kita di Wuhan dibawa kembali ke tanah air sangat cepat. Diputuskan cepat dan dilaksanakan cepat. Hal-hal seperti ini yang saya apresiasi," tuturnya. (*)

BERITA REKOMENDASI