Jokowi Minta Densus Tipikor Ditunda

Editor: Ivan Aditya

JAKARTA, KRJOGJA.com – Kapolri Jenderal Tito Karnavian menyiapkan kajian mendalam atas rencana pembentukan Detasemen Khusus Tindak Pidana Korupsi (Densus Tipikor). Hal itu merupakan arahan dari Presiden Jokwo Widodo usai rapat paripurna terbatas di Istana Negara.

"Beliau (Jokowi) minta dikaji kembali dan sementara pembentukan, peningkatan sebetulnya dari Direktorat Tipikor menjadi Detasemen Khusus Tindak Pidana Korupsi Tipikor ini ditunda," kata Tito usai rapat gabungan di Gedung DPR, Jakarta, Selasa (24/10/2017).

Menurut Tito, kajian yang diminta Jokowi di antaranya mengenai sistem rekrutmen, standar operasional prosedur, dan hubungan tata cara kerja baik ke internal Polri maupun ke lembaga eksternal seperti KPK dan Kejaksaan Agung.

Jokowi juga memerintahkan agar hasil kajian dan perencanaan Densus Tipikor nantinya dirapatkan dengan Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan dan melibatkan insitusi terkait seperti KPK, Kejaksaan Agung, Menkumham, Menpan RB dan Menteri Keuangan.

"Nanti bapak Menkopolhukam, bapak Jenderal Wiranto yang nanti akan mengkoordinisakannya dan setelah itu nanti mungkin laporan ke bapak presiden," katanya. (*)

BERITA REKOMENDASI