Jokowi Minta Kepala Daerah Segera Belanjakan Dana Transfer APBN

Editor: Ivan Aditya

JAKARTA, KRJOGJA.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta para kepala daerah segera membelanjakan dana transfer ke daerah dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2020 sebesar Rp856,9 triliun. Ia berharap pencairan dana untuk tender proyek mulai dilakukan pada Januari 2020.

Hal ini disampaikannya saat penyerahan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) serta Buku Daftar Alokasi Transfer ke Daerah dan Dana Desa Tahun Anggaran 2020 di Istana Kepresidenan, Jakarta, pada Kamis (14/11/2019). Seluruh kepala daerah dan jajaran menteri Kabinet Indonesia Maju turut hadir dalam acara tersebut.

"Saya ingin melihat ada perubahan cara bergerak kita, mindset kita, pola lama yang harus kita tinggalkan, mulai secepatnya belanja terutama belanja modal bagi DIPA yang tadi sudah diserahkan," katanya.

Kepala negara mengatakan belanja anggaran transfer ke daerah harus segera dilakukan agar konsumsi pemerintah dapat memicu konsumsi dunia usaha hingga masyarakat. Ia berharap kebijakan fiskal bisa menumbuhkan pertumbuhan konsumsi rumah tangga yang menjadi kontributor perekonomian nasional.

Menurutnya, ini perlu dilakukan karena ketidakpastian dan perlambatan ekonomi global masih terus berlangsung. Hal ini membuat Indonesia sulit mengharapkan sumbangan pertumbuhan dari pasar global.

Untuk itu, Indonesia perlu mengandalkan konsumsi domestik guna merangsang pertumbuhan ekonomi. Salah satunya belanja pemerintah pusat dan daerah. (*)

BERITA REKOMENDASI