Jokowi Minta Masyarakat Bentuk Grup WhatsApp ‘Banjir’

Editor: Ivan Aditya

JAKARTA, KRJOGJA.com – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) meminta masyarakat membentuk grup komunikasi, di antaranya lewat aplikasi WhatsApp selama penanggulangan bencana banjir yang merendam sejumlah wilayah di Jabodetabek. Tujuannya, agar perbaharuan dan penyebaran informasi soal banjir bisa didapat dengan cepat. 

"Masyarakat juga diminta agar terus memberikan informasi dan ada himbauan membentuk grup Whatsapp yang sekiranya bisa memberikan informasi sampai ke tingkat keluarga. Itu yang jadi arahan dari presiden," ujar Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo. 

Konpers dilakukan usai rapat terbatas dengan Jokowi, Wakil Presiden Ma'ruf Amin, dan para menteri Kabinet Indonesia Maju. 

Tak hanya itu, Doni mengatakan Jokowi juga mengimbau masyarakat bisa mewaspadai daerah pemukimannya masing-masing. Khususnya, yang semula merupakan daerah resapan air dan berada di dataran rendah. 

"Pimpinan daerah sampai kepala desa, lurah juga agar mengingatkan masyarakat untuk tidak berada di tempat berisiko karena bisa saja hujan tidak terjadi di tempat mereka, namun di hulu. Tapi dalam waktu lama, air bisa mengalir dengan deras ke lokasi yang menjadi hunian masyarakat," terangnya. (*)

BERITA REKOMENDASI