Jokowi Minta Program Riset Boroskan Anggaran Dihentikan

Editor: Ivan Aditya

JAKARTA, KRJOGJA.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta agar program riset yang menyebabkan pemborosan anggaran dihentikan. Ia ingin anggaran riset digunakan efektif dan memberikan hasil yang nyata dan bermanfaat.

"Tumpang-tindih agenda riset yang menyebabkan pemborosan anggaran harus segera kita akhiri," kata Jokowi.

Jokowi mengatakan anggaran riset yang masih tersebar di berbagai kementerian dan lembaga diselaraskan dengan peta jalan yang ditetapkan serta memiliki hasil yang terukur. Ia percaya penggunaan anggaran dengan tujuan jelas akan sangat bermanfaat bagi kemajuan Indonesia.

Mantan wali kota Solo itu meminta jajarannya untuk memilih agenda riset yang paling diutamakan dan disepakati. Menurutnya, setiap program riset yang sudah diputuskan bersama itu harus dikerjakan serius, fokus, sampai benar-benar terwujud.

"Harus kita bangun dan kita perkuat lagi ekosistem untuk berkembangnya riset dan berkembangnya inovasi. Mulai dari regulasi, SDM, kelembagaan, sistem intensif dan sambungannya dengan industri, hak cipta, hingga anggaran yang dibutuhkan dalam melakukan riset dan inovasi," kata Jokowi menambahkan. (*)

BERITA REKOMENDASI