Jokowi Resmikan Tol Mojokerto-Jombang

MOJOKERTO (KRjogja.com) – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan pembanguan Tol Mojokerto – Jombang seksi 2 sepanjang 19,9 Km di pintu tol Mojokerto, di Desa Penompo, Kecamatan Jetis, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, Minggu (10/9/2017).

Pantauan di lokasi, Presiden Jokowi dan rombongan tiba di pintu tol Mojokerto sekira pukul 15.00 WIB. Tampak hadir Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) M. Basoeki Hadimoeljono, Gubernur Jawa Timur Soekarwo.

Selanjutnya, Presiden Jokowi bersama dengan Menteri PUPR M. Basoeki Hadimoeljono, Gubernur Jatim Soekarwo, dan Presiden Direktur PT Astratel Nusantara Irawan Santoso meninjau maket ruas tol Mojokerto – Jombang. Selanjutnya, Presiden menekan tombol sebagai tanda telah diresmikannya tol Mojokerto.

"Beberapa waktu lalu saya diberitahu sama Menteri PUPR kalau tol Mojokerto – Jombang sudah selesai pembangunannya, langsung saya jawab kalau hari Minggu saja, langsung kita resmikan agar bisa secepatnya bisa digunakan masyarakat," kata Jokowi, dalam sambutannya.

Setelah memberikan sambutan, Presiden Jokowi beserta rombongan mengecek ruas tol Mojokerto-Jombang sepanjang 40,5 Km dengan menumpang mobil kepresidenan. Tol Mojokerto – Jombang merupakan bagian dari tol Trans Jawa. Pembangunan tol Mojokerto – Jombang ini dilakukan sejak tahun 2007 dimulai dengan pembebasan lahan milik warga. Selain itu, pembangunan tol Mojokerto – Jombang ini terbagi menjadi empat seksi.

Seksi 1 sepanjang 14,7 Km telah rampung dan dioperasikan sejak Oktober 2014. Bagian ini menghubungkan antara wilayah Kecamatan Bandar Kedungmulyo dengan Kecamatan Tembelang Kabupaten Jombang. Sementara seksi 3 sepanjang 5 Km antara Desa Kemantren-Kecamatan Gedeg hingga Desa Canggu-Kecamatan Jetis dioperasikan Desember 2016.

Ruas tol Mojokerto – Jombang seksi 3 terkoneksi langsung dengan ruas seksi 4 tol Surabaya-Mojokerto (Sumo) sepanjang 18,5 Km yang membentang dari, Kecamatan Krian Sidoarjo hingga Mojokerto. Ruas tol ini juga sudah rampung dikerjakan dan diresmikan Presiden Jokowi pada bulan Maret 2016.

Kendati demikian, tol Mojokerto – Jombang baru bisa 100 persen terhubung. Setelah PT Marga Harjaya Infrastruktu (MHI) merampungkan pembanguan seksi 2 sepanjang 19,9 Km yang membentang dari Desa Kedungsari, Kecamatan Tembelang, Jombang sampai Desa Pagerluyung, Kecamatan Gedeg, Kabupaten Mojokerto. Serta seksi 4 sepanjang 0,9 KM, yang menjadi penghubung dengan tol Solo-Kertosono. (*)

BERITA REKOMENDASI