Jokowi Tawarkan Kereta Api ke Sri Lanka

Editor: Ivan Aditya

JAKARTA (KRjogja.com) – Pemerintah Indonesia menawarkan produk perkeretaapian buatan Indonesia ke Pemerintah Sri Lanka. Tawaran itu disampaikan langsung Presiden RI Joko Widodo kepada Perdana Menteri Republik Demokratik Sosialis Sri Lanka Ranil Wickramasinghe di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (03/08/2016).

Jokowi dan Ibu Negara Iriana menerima Ranil Wickramasinghe beserta istri Maithree Wickramasinghe dengan menyambut kedatangan mereka berdua di sisi barat Istana Merdeka. Usai pertemuan bilateral, Jokowi mengatakan dia menawarkan produk gerbong kereta api buatan Indonesia ke pihak Sri Lanka. Sebelumnya melalui PT Inka, Indonesia juga telah mengirimkan produk gerbong ke Bangladesh.

"Jadi kita kan sudah mengirimkan kereta api kita dari PT Inka ke Bangladesh. Ini sudah berjalan. Ini kita ikut lelang lagi di Sri Lanka. Saya tadi minta agar Perdana Menteri Ranil memberikan perhatian pada produk Indonesia tadi. Kelihatannya diberi lampu hijau," katanya.

Jokowi mengatakan langkah awal ini usaha Pemerintah Indonesia melakukan penetrasi pasar ke negara-negara lainnya. Dia berharap upaya itu membuka pasar lebih besar lagi bagi produk-produk Indonesia untuk masuk ke berbagai negara.

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan selain membicarakan peningkatan kerja sama di bidang ekonomi, Indonesia dan Sri Lanka juga berbicara untuk memperkuat kerja sama di bidang penanggulangan ekstrimisme dan terorisme. (*)

BERITA REKOMENDASI