Jokowi Tentukan Desain Ibukota Baru

Editor: Ivan Aditya

JAKARTA, KRJOGJA.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan menentukan desain ibu kota baru usai menyaksikan presentasi lima desain dari pemenang sayembara yang digelar Kementerian PUPR. Setelah memilih, desain akan segera digunakan untuk tahap konstruksi. 

Hal ini diungkapkan oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Pria yang akrab disapa Emil itu kebetulan menjadi satu dari 13 juri sayembara desain ibu kota negara baru. 

Emil menjelaskan juri sebenarnya sudah menilai 257 desain dari peserta sayembara. Dari hasil pengujian, sudah ada lima desain yang terpilih dan diberi urutan peringkat dari satu sampai lima. 

"Tapi kalau presiden punya pendapat yang berbeda dimensinya dengan yang direkomendasikan juri, minimal ruangnya ada di lima pilihan ini, walau juri sudah punya urutan peringkatnya. Misal, tiba-tiba presiden lebih suka yang ranking ketiga atau keempat karena pertimbangan yang kita tidak tahu karena politis, ya tentu kami ingin memahami juga," ujar Emil.

Ia memastikan pilihan desain ibu kota negara baru nantinya sepenuhnya merupakan hak Jokowi. "Sepenuhnya sesuai pilihan presiden asal tidak lewat dari itu (lima terpilih) dan harus hari ini keputusannya," ungkapnya. 

Emil mengatakan bila sudah ada satu desain yang dipilih Jokowi, maka kementerian/lembaga terkait akan merealisasikannya pada tahap konstruksi. Namun, pemerintah tetap sejatinya tetap membuka ruang adaptasi terkait perubahan yang tidak sesuai dengan desain awal. (*)

BERITA REKOMENDASI