Jokowi Ziarah ke Makam Gus Dur

Editor: Ivan Aditya

JOMBANG, KRJOGJA.com – Presiden Joko Widodo mengunjungi makam Presiden Keempat Indonesia KH Abdurrahman Wahid atau akrab disapa Gus Dur di Pesantren Tebuireng, Kabupaten Jombang, Selasa (18/12/2018). Ini merupakan bagian dari safari empat pondok pesantren yang dilakukannya hari ini.

Jokowi menyambangi makam Gus Dur dan KH Hasyim Ashari. Adapun dua tokoh tersebut merupakan tokoh penting Tanah Air yang memiliki keterikatan dengan Pesantren Tebuireng. Hasyim Ashari adalah pendiri Pondok Pesantren Tebuireng sekaligus pahlawan nasional, sementara itu Gusdur merupakan cucu Hasyim Ashari yang kebetulan juga menjadi presiden keempat Indonesia.

Jokowi terlihat membacakan doa sebelum menaburkan bunga di kedua makam tersebut. Dalam kesempatan itu, Jokowi ditemani oleh Yenny Wahid, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, dan pengurus besar Pesantren Tebuireng KH Sholahuddin Wahid. Tak jarang, Jokowi terlihat berbicang dengan Yenny Wahid seraya memanfang pusara Gus Dur.

Pesantren Tebuireng merupakan lawatan kedua dari safari pondok pesantren Jokowi di Jawa Timur. Sebelumnya, Jokowi telah mengunjungi Pesantren Darul Ulum yang juga berlokasi di Kabupaten Jombang.

Di Pesantren Darul Ulum, Presiden Joko Widodo mengimbau santri untuk tidak terpecah belah karena perbedaan pilihan pada Pilpres 2019. Menurut dia, pilihan tiap lima tahun itu mestinya tak memecah kebinekaan Indonesia yang sudah lama ada.

Saat itu, di hadapan para santri Jokowi berkisah bahwa ada beberapa kampung dan komunitas keagamaan yang tak mau bertegur sapa lantaran berbeda pilihan politik. "Ada lagi karena pilpres, di majelis taklim tidak saling sapa, tapi ini tidak di Jombang," kata Jokowi. (*)

BERITA REKOMENDASI