Jumlah Pendaftar Haji Turun 52 Persen

JAKARTA,KRJOGJA.com – Kepala Badan Pelaksana Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) Anggito Abimanyu mengatakan jumlah pendaftar haji berkurang sangat signifikan selama pandemi virus korona (covid-19). Bahkan, ada yang menunda keberangkatan ke Tanah Suci.

“Jumlah pendaftar baru turun sampai 50 persen,” kata Kepala Badan Pelaksana Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) Anggito Abimanyu di Jakarta, Senin (6/7 2020)

Minimnya pendaftar haji berdampak signifikan pada keuangan haji. Sebenarnya menyebut dana kelolaan bisa mengalami peningkatan, namun cenderung ke arah penurunan. Musababnya, 50 persen calon jemaah mendaftar sebelum pandemi covid-19. Pascaditerpa pandemi, sebagian dari mereka ada yang membatalkan perjalanan. “Ini tantangan yang cukup berat bagi keuangan haji,” ujar Anggito.

Sebanyak 647 jemaah telah mengajukan pengembalian setoran pelunasan biaya perjalanan ibadah Haji (Bipih). Hal ini menyusul keputusan pembatalan pengiriman jemaah Indonesia ke Arab Saudi oleh Kementerian Agama (Kemenag).

BERITA REKOMENDASI