Jumlah Positif Corona Beberapa Provinsi Mulai Menurun

Editor: Ivan Aditya

JAKARTA, KRJOGJA.com – Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19, Achmad Yurianto menyatakan grafik penularan virus corona (Covid-19) di beberapa provinsi cenderung turun dalam beberapa hari terakhir.

“Sebagian provinsi sudah menuju ke grafik yang cenderung untuk menurun. Bahkan banyak yang kemudian beberapa hari terakhir dilaporkan tak ada kasus baru,” kata Yurianto

Yurianto merinci terdapat 14 Provinsi dengan jumlah kenaikan kasus positif corona di bawah 10 orang per Jumat (12/06/2020) ini. Sementara itu, dilaporkan juga terdapat 6 provinsi yang melaporkan tak ada kenaikan kasus positif pada hari ini.

Sebanyak 14 provinsi yang jumlah kenaikan kasus positif di bawah 10 di antaranya Kalimantan Timur (8 kasus baru), Bangka Belitung (6), Sulawesi Tenggara (5), Papua Barat (5), Bengkulu (3), Jambi (1), Lampung (1), dan Sulawesi Barat (1). Ada pula enam provinsi yang tidak ada tambahan kasus baru yakni Aceh, Kalimantan Utara, Kepulauan Riau, Sulawesi Tengah, Riau, dan NTT.

Tak hanya itu, Yurianto juga merinci terdapat provinsi yang memiliki persentase kesembuhan pasien lebih banyak ketimbang penambahan pasien yang positif pada hari ini.

Beberapa provinsi itu adalah Sulawesi Selatan hari ini melaporkan 58 kasus positif, namun sebanyak 73 pasien sembuh. Sementara Jawa Tengah terdapat 44 kasus positif baru dan 50 sembuh. Begitu juga dengan Sumatra Selatan dengan 33 kasus positif baru dan 38 pasien sembuh.

Turut dilaporkan juga Nusa Tenggara Barat (NTB) dengan 23 kasus positif baru dan 27 kasus sembuh. Jawa Barat dengan 19 kasus positif baru dan 41 sembuh, Sumatera Barat 10 kasus positif baru dan 15 sembuh, lalu Kaltim dengan 8 kasus positif baru dan sebanyak 11 sembuh. (*)

BERITA REKOMENDASI