Jurus Politik SBY Siapkan Pilpres 2019

Editor: Ivan Aditya

JAKARTA (KRjogja.com) – Pengamat Politik dari Charta Politika Yunarto Wijaya menilai, Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) tengah mengeluarkan jurus politiknya untuk Pilpres 2019 mendatang. Jadi tidak heran bila Poros Cikeas mengusung Agus Yudhoyono – Sylviana Murni karena dianggap bisa memiliki popularitas untuk menyaingi Basuki Tjahaja Purnama (Ahok)-Djarot Saiful Hidayat.

Terlebih, Poros Cikeas yang diisi parpol seperti PAN, PKB, dan PPP tidak memiliki calon Gubernur dan Wakil Gubernur yang kuat untuk melawan popularitas Ahok-Djarot. "Ketika menerjukan Agus, sebetulnya SBY sedang mengeluarkan jurus politik demi kepentingan dirinya dan partainya di tahun 2019 nanti. Walaupun resikonya besar, Agus harus korbankan karir militer," kata Yunarto.

Namun, bila pun Agus kalah dalam gelaran Pilgub DKI 2017 mendatang, SBY akan tetap memberikan ruang Agus sebagai kader Demokrat. Bahkan bisa jadi Agus adalah sosok yang pantas menggantikan SBY sebagai Ketua Umum Demokrat selanjutnya. (*)

BERITA REKOMENDASI