Jusuf Kalla akan Buka MTQ III 2016 Korpri

Editor: Ivan Aditya

JAKARTA (KRjogja.com) – Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla dan Mendagri Tjahjo Kumolo hampir pasti bakal membuka dan menutup event Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) III Korpri Tingkat Nasional 2016. MTQ itu sendiri direncanakan jatuh pada tanggal 12 – 21 November 2016 di Masjid Baitul Muttaqien Islamic Center Samarinda Kalimantan Timur.

“Puncak MTQ 2016 nanti dibuka oleh Wapres RI, lalu berakhirnya ditutup oleh Mendagri,” jelas Ketua Umum Korpri, Zudan Arif Fakhrullah di Jakarta.

Menurut Zudan yang juga Dirjen Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kemendagri itu, 34 provinsi sudah berkomitmen untuk mengirimkan 15 qori dan qoriah untuk lima mata cabang lomba yang digelar selama 10 hari tersebut. Adapun tema kegiatan ini adalah ‘Melalui MTQ Kita Wujudkan Peran Korpri Menuju Birokrasi yang bersih, berwibawa dan bermartabat sesuai tuntunan Al Quran dalam kehidupan berbangsa dan bernegara’.

Zudan mengatakan, spirit baru Korpri yakni bersih, berwibawa dan bermartabat. MTQ merupakan salah satu cara memperkokoh integritas anggota menjadi tokoh-tokoh yang bermental baja dan bermoral tinggi. “Betul, bahasa gaulnya, kami harus move on! Korpri harus berubah, menjadi lebih baik, lebih bersih, lebih berwibawa dan bermartabat,” kata Zudan yang juga alumni FH UNS Solo itu.

Tujuan MTQ bagi Korpri menurut Zudan yakni meningkatkan pemahaman, penghayatan dan pengamalan isi kandungan Al Quran menuju birokrasi yang bersih serta bermartabat. Yang tak ketinggalan yakni meningkatkan syiar dan Ukhuwah Islamiyah antar Korps Pegawai Republik Indonesia serta melestarikan seni budaya Qurani dikalangan birokrasi selaku anggota Korpri.

Dalam MTQ III Korpri ini akan dilombakan lima cabang yakni Tartil Al Quran Putra Putri, Tilawah Al Quran Putra Putri, Hifzhil Quran, Dakwah Isi Kandungan Al Quran Putra Putri dan Khat Al Quran. Kafilah MTQ III Korpri Tingkat Nasional adalah anggota Korpri (PNS) Tingkat Kementerian/ Lembaga dan Provinsi seluruh Indonesia dengan peserta ± 1165 orang Kafilah, pendamping/official 535 orang, Panitia Pusat 15 orang  diperkirakan seluruhnya jumlah kafilah 2.173 Orang.

Pelaksanaan MTQ III ini akan melibatkan Dewan Juri yang terdiri dari unsur ahli bidang Al Quran, unsur akademisi, instansi, tuan rumah MTQ (UIN, PTIQ, IIQ, Kemenag) adapun mengenai syarat dan ketentuan lain telah dimuat dalam buku Pedoman MTQ III Korpri Tingkat Nasional Tahun 2016.

”Sekarang era digital, siapa yang cepat, dia yang mengalahkan yang lambat Jangan salah, bukan yang besar menggilas yang kecil. Ini sejalan dengan arahan Bapak Presiden Joko Widodo lalu bahwa Korpri harus mampu menyampaikan dan menggerakkan pola pikir ASN yang baru, efisien dan berdaya saing tinggi,” kata Zudan.

Presiden Joko Widodo juga sudah menyampaikan persetujuannya atas kegiatan MTQ III Korpri Tingkat Nasional 2016. (*)

BERITA REKOMENDASI