KA Cepat Jakarta-Surabaya Bisa Tembus 300 KM/Jam

BANDUNG, KRJOGJA.com – Kecepatan kereta api di Indonesia bisa ditingkatkan hingga 300 km per jam dari kecepatan 160 km per jam yang bisa dicapai kini. Dengan kecepatan tersebut, PT Kereta Api Indonesia (KAI) berharap jarak Jakarta-Surabaya bisa ditempuh dalam waktu 6-7 jam. Lebih cepat dari waktu tempuh dengan kereta api eksekutif saat ini yang mencapai 10 jam.

”Kalau PT KAI ingin (Jakarta- Surabaya) 6-7 jam. Semula Kemenhub (ingin) lebih tinggi lagi kecepatannya, mencapai 4- 5 jam. Maunya sama seperti Jakarta-Bandung, tapi kalau itu biayanya terlalu mahal,” ujar Kepala Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) Unggul Priyanto kemarin. Pada Selasa (6/6), BPPT dan Institut Teknologi Bandung (ITB) menandatangani nota kesepahaman (MoU) prastudi kelayakan peningkatan kecepatan Kereta Api (KA) Jakarta-Surabaya. ‎ 

Kajian ini untuk memperoleh gambaran dalam rangka pengambilan keputusan terkait pembangunan KA cepat Jakarta-Surabaya, termasuk mengenai berapa kecepatan yang bisa dicapai kereta tersebut. ”Intinya, dapat mengalihkan (penumpang) dari udara ke kereta api, harganya pun nanti tidak akan jauh dengan tiket pesawat,” kata dia. 

Selain ITB, BPPT juga menggandeng Universitas Diponegoro (Undip) Semarang dan Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya untuk menggarap proyek ini. Rektor ITB Kadarsah Suryadi mengatakan, pihaknya melakukan studi ini dari bidang geohidrologi, geofisika, analisis data, perancangan, analisis teknik, hingga kontur kebumian. Pihaknya juga menyiapkan sumber daya manusia, termasuk desain suku cadang kereta jika mulai beroperasi. 

”Kami siap bergabung menyiapkan SDM, maupun mendukung penyediaan suku cadang. Memproduksi pasti industri; tapi desain suku cadang, kami bisa berkontribusi,” katanya. Sementara itu, pembangunan kereta cepat harus membebaskan sekitar 900 bidang tanah agar bisa meluncur mulus pada kecepatan yang telah ditentukan. (*)

BERITA REKOMENDASI