Kantor Bahasa Sulawesi Tenggara, Mengembangkan dan Melindungi Bahasa dan Sastra Indonesia Juga Daerah

JAKARTA, KRJOGJA.com – Kantor Bahasa Sulawesi Tenggara menetapkan misi mengembangkan dan melindungi bahasa dan sastra Indonesia dan daerah. Demikian diungkapkan Kepala Kantor Bahasa Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) Dr. Herawati, S.S., M.A. dalam rilisnya, Minggu (10/10 2021).

Kantor Bahasa Sulawesi Tenggara merupakan unit pelaksana teknis (UPT) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang secara fungsional pembinaannya berada di bawah Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa. Berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 64 Tahun 2016 tentang Rincian Tugas Kantor Bahasa, tugas pokok Kantor Bahasa Sulawesi Tenggara adalah melaksanakan pembinaan, pengkajian, dan pemasyarakatan bahasa dan sastra Indonesia di Provinsi Sulawesi Tenggara.

Dengan memperhatikan rencana strategis Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, tugas dan fungsi kantor bahasa, serta kondisi umum yang ada. Selain itu Kantor Bahasa Sulawesi Tenggara menetapkan visi yang akan dicapai, yaitu ‘Terwujudnya insan berkarakter dan jati diri bangsa melalui bahasa dan sastra Indonesia dan daerah di Provinsi Sulawesi Tenggara’.

Untuk mewujudkan visi tersebut, Kantor Bahasa Sulawesi Tenggara menetapkan misi: mengembangkan dan melindungi bahasa dan sastra Indonesia dan daerah; meningkatkan sikap positif dan apresiasi masyarakat terhadap bahasa dan sastra Indonesia dan daerah; meningkatkan mutu pelayanan informasi kebahasaan dan kesastraan, serta pengendalian penggunaan bahasa di media luar ruang; mengembangkan kerja sama kebahasaaan dan kesastraan di Sulawesi Tenggara; dan meningkatkan tata kelola organisasi dan kelembagaan.

BERITA REKOMENDASI