Kapal Penumpang Tenggelam di Danau Toba, 1 Tewas

JAKARTA, KRJOGJA.com  – Kapal Motor (KM) Sinar Bangun tenggelam di perairan Danau Toba, Sumatera Utara. Petugas langsung melakukan pencarian dan ditemukan seorang penumpang perempuan tewas.

"Korban meninggal Mrs Y, perempuan," kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho, lewat keterangan tertulisnya, Senin (18/6/2018).

Korban Y ditemukan KMP SUMUT 1. Kapal itu juga mengevakuasi satu orang penumpang yang masih dalam kondisi selamat. Sedangkan, KMP SUMUT 2 mengevakuasi 3 orang penumpang yang juga dalam kondisi selamat. Keempat penumpang yang selamat yakni Muhamad Fitri (21), Heri Nainggolan (23), Jamuda (17), dan Juita.

Para korban langsung dilarikan ke Puskes Simalungun begitu tiba di darat. Dikabarkan, ada 15 orang penumpang juga yang sudah dievakuasi ke Pelabuhan Simanindo, Kabupaten Samosir.

Sebagaimana diketahui Kapal Motor (KM) Sinar Bangun tenggelam di perairan Danau Toba, Sumatera Utara. Kecelakaan ini diduga disebabkan cuaca buruk.

"Tenggelamnya KM Sinar Bangun di perairan Danau Toba Prapat akibat cuaca buruk," kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho, lewat keterangan tertulisnya, Senin (18/6/2018).

Dia mengatakan peristiwa ini terjadi sekitar pukul 17.30 WIB. Di dalam kapal tersebut ada puluhan orang yang hendak berlayar dari Pelabuhan Simanindo, Kabupaten Samosir, menuju Tigaras Parapat, Kabupaten Simalungun.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Kabupaten Samosir, Maher Tamba, mengatakan belum diketahui pasti jumlah penumpang kapal kayu yang tenggelam terebut. 

Kapal penumpang ini diduga mengalami kecelakaan akibat putusnya tali kemudi kapal usai diterjang ombak dan angin. "Tali kemudinya putus. Karena saat itu, angin dan ombak kencang dan diduga penyebab putusnya tali kemudi," ujar Maher. (*)

BERITA REKOMENDASI