Kapolda Riau Tuntaskan Pembalakan Cagar Biosfer

 

PEKANBARU (KRjogja.com) – Kapolda Riau Brigjen Pol Zulkarnain berjanji menuntaskan pembalakan liar di Cagar Biosfer Giam Siak Kecil-Bukit Batu (GSK-BB), Kabupaten Bengkalis, yang kembali terjadi. 

"Saya sudah tekankan agar jangan sampai terjadi lagi (pembalakan liar). Saya akan tindak lanjuti," tegas Kapolda di Pekanbaru, Senin (28/11/2016).

Sejumlah warga Dusun Sidodadi, Desa Bukit Kerikil, Kecamatan Bukit Batu, Kabupaten Bengkalis, pada Senin siang, mendatangi Direktorat Kriminal Khusus Polda Riau. Mereka mempertanyakan tindak lanjut pemberantasan pembalakan liar yang dilakukan jajaran Polda Riau dan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan beberapa waktu lalu. 

Meski sempat berhenti beraktivitas selama beberapa waktu, menurut mereka para pembalak liar mulai berani kembali dan menebangi hutan lindung tersebut. Kapolda mengaku cukup terkejut setelah mendapatkan informasi tersebut dari wartawan. 

Polda Riau bersama dengan KLHK telah berupaya semaksimal mungkin untuk menghentikan aktivitas pembalakan liar. Salah satunya dengan menutup kanal-kanal yang digunakan mengangkut kayu hasil pembalakan liar. 

"Saya agak aneh ini kok terjadi lagi. Namun sejak awal saya (tegaskan) sikat," ujarnya. Sahat Mangapul, tokoh Pemuda Dusun Sidodadi, Bukit Kerikil mengatakan, aktivitas pembalakan liar di Cagar Biosfer GSK-BB kembali terjadi dalam sepekan terakhir. (*)

BERITA REKOMENDASI