Kapolri Perpanjang Operasi Arus Mudik Hingga 7 Juni

Editor: Ivan Aditya

JAKARTA, KRJOGJA.com – Kapolri Jendral Idham Azis memperpanjang masa Operasi Mudik Ketupat Jaya hingga 7 Juni 2020. Masa operasi Ketupat Jaya seharusnya habis pada Sabtu (30/5) nanti.

“Saya sudah memerintahkan kepada asisten operasi Kapolri dan Pak Kakorlantas untuk melanjutkan selama tujuh hari sampai tanggal 7 (Juni),” kata Idham dalam konferensi virtual, Selasa (26/5).

Perpanjangan itu diputuskan setelah Polri berkoordinasi dengan Tim Gugus Tugas Covid-19. Perpanjangan tersebut diterapkan terutama untuk mengantisipasi lonjakan volume kendaraan di masa arus balik libur Lebaran. Dengan perpanjangan tersebut, Idham mengatakan polisi akan terus meningkatkan operasi secara rutin hingga kondisi berjalan normal di akhir masa operasi pada 7 Juni mendatang.

“Dengan operasi rutin yang ditingkatkan sehingga kita yakinkan dengan jelas setelah tanggal 7 itu semua situasi sudah kembali normal,” ujarnya.

Terkait volume arus kendaraan selama masa mudik tahun ini, Idham mengklaim bahwa terjadi penurunan cukup signifikan. Di Tol Cipali, ia menyebut angkanya turun hingga 83 persen dibanding tahun lalu.

“Datanya ada di Korlantas. Bahkan di Tol Cipali itu sampai 83 persen turun arus lalinnya,” katanya. (*)

BERITA REKOMENDASI