Kapolri Pertama Jadi Pahlawan Nasional

JAKARTA, KRJOGJA.com – Menteri Sosial Juliari Pieter Batubara pada acara Konferensi Pers virtual Jelang Peringatan Hari Pahlawan Tahun 2020, Jumat (6/11 2020) memastikan sebanyak enam orang bakal mendapatkan gelar pahlawan nasional.

“Keenamnya adalah Sultan Baabullah dari Provinsi Maluku Utara, yang kedua Machmud Singgirei rumagesan dari Provinsi Papua Barat jadi provinsi Maluku Utara dan Provinsi Papua Barat ini memang belum pernah memiliki Pahlawan Nasional dan apabila tidak ada perubahan Insya Allah kedua pahlawan ini akan diberikan gelar pahlawan nasional di tahun 2020 ini, yang ketiga Jenderal (Purn) Pol. Raden Said Soekanto Tjokrodiatmodjo yang merupakan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia pertama yang berdomisili di DKI Jakarta, yang keempat adalah Arnold Mononutu dari Provinsi Sulawesi Utara yang merupakan tokoh pergerakan dan pernah menjabat sebagai Menteri Penerangan di era Presiden Soekarno, yang kelima Mr. SM. Amin Nasution dari Provinsi Sumatera Utara dan keenam Raden Mattaher Bin Pangeran Kusin Bin Adi dari Provinsi Jambi”.

Menrut Menteri enam calon penerima gelar Pahlawan Nasional Tahun 2020 yang akan disampaikan langsung oleh Bapak Presiden Joko Widodo di Istana Negara pada tanggal 10 November 2020 setelah acara ziarah nasional. “Jadi saya sampaikan sekali lagi, apabila tidak ada perubahan keenam beliau ini sudah melalui proses baik dari Kementerian Sosial maupun dari Dewan Gelar akan mendapatkan gelar Pahlawan Nasional,” jelas Mensos Ari.

BERITA REKOMENDASI